Tisya's friends

Jumat, 17 Juni 2011

The Best Teachers

Aku punya sebuah cita-cita. Sebenarnya banyak sekali cita-cita, diantaranya aku ingin sekali mengabdi pada masyarakat. Ingin mendirikan sebuah sekolah sendiri ditempat yang mungkin terpencil, dan aku akan mengajarkan pada anak-anak membaca, berhitung, bermain, dengan semuanya gratis. Aku ingin membuat sekolah untuk anak yang gak mampu. Aku gak tau, apakah aku ingin menjadi seorang guru? tapi aku hanya ingin mengajarkan hal yang aku bisa kepada orang lain dengan ikhlas, sehingga dapat benar-benar bermanfaat bagi yang aku beri. Bukan secara paksa dituang, pelan, tapi pasti. Itu yang aku inginkan.

Itu adalah impianku saat SMA, hingga saat ini.

Suatu hari aku bersama teman-temanku pergi nonton bioskop. Dan disana aku mengenal Bu Mus. "Guru itu tanpa tanda jasa". Dan seperti itu lah Bu Mus. Betapa inilah seorang guru yang mengajar dengan hati. Dengan sangat ikhlas. Dan kau lihat bukan? Bagaimana anak didiknya sekarang? Wonderfull.. =)

Saat menginjak banku kuliah, aku sedang gemar-gemarnya membaca buku. Dan ada satu buku yang benar-benar menyita pandanganku saat aku masuk Gramedia. Aku gak punya cukup uang untuk membeli buku itu, tapi untunglah bahwa Tuhan sangat tahu aku ingin membacanya.hehehe #lebay. Saat aku cerita pada temanku, temanku bilang bahwa ternyata dia punya buku itu dan bersedia meminjamkannya padaku. (Kau lihat bukan? bahwa Allah sangat baik ketika kita bersungguh-sungguh.hehehe) Dan dari sana aku mengenal sosok Tuan Kobayasi. Amazing.. Oh Mr. Kobayashi.. Aku benar-benar takjub pada sosoknya. Oh Tuhan.. Seperti inilah karakter yang aku impikan ada dalam diriku. Beliau sangat telaten menyapa, mndengarkan, bahkan beliau bisa mengerti apa yang diinginkan anak didiknya satu per satu. Bukan dengan kekerasan, tapi dengan hati. Dengan ketulusannya. Mengajarkan banyak hal, bahkan etika. Subhanallah.. (That book is Totto chan)

Lalu kemaren. Baru kemaren, Aku mengenal sosok Anne Mansfield Sulivan. Subhanallah, beliau juga orang yang jauh luar biasa. Siapa dia?? Mungkin kalian lebih mengenal sosok Helen Keller ketimbang Gurunya. Seorang penulis, aktivis politik dan dosen Amerika. Bagi Helen, hari yang paling penting yang selalu ia ingat dalam hidupnya, ia kedatangan seorang perempuan Anne Mansfield Sulivan dari Tuscumbia yang menjadi gurunya. Anne dengan sangat menakjubkan mengenalkan dunia yang berbeda pada Helen. Perjuangan Anne mengajarkan Helen membaca dan berbicara sungguh sangat luar biasa. Bahkan hal yang membuatku sangat takjub, dengan sabar Anne menuliskan apa yang dikatakan dosennya ditelapak tangan Helen agar Helen dapat mengerti apa yang diajarkan dosen padanya. Jika kalian tidak mengenal Helen Keller, akan aku beri tahu sedikit, sisanya kalian tentu bisa mencarinya sendiri. Helen lahir normal, namun pada usia 19 bulan, ia diserang penyakit misterius yang menyebabkannya buta dan tuli. Bisa kalian bayangkan?? Betapa Amazing-nya seorang Anne Mansfield Sulivan, yang dapat mengantarkan Helen Keller menjadi seorang yang benar-benar luar biasa.

Aku harap, aku dapat mencapai cita-citaku suatu saat. Karena aku tahu, aku butuh banyak pengalaman untuk itu. Dan karena aku juga tahu, perjalananku masih panjang, butuh banyak hal agar aku bisa seperti guru terhebat seperti mereka. =)

Dan yang aku harapkan. Semoga pendidik di negara ini bisa belajar dari mereka. Mengajarkan dengan hati. Bukan karena sertifikasi dan bayaran yang besar, tapi sama sekali gak memberikan mutu yang terjamin bagi siapapun. =)

Wahai Guru, dari engkaulah kami belajar. Mohon ajarkanlah kami dengan sabar saat kami benar-benar tidak mengerti. =)

4 komentar:

auraman mengatakan...

Guru itu memang hebat dulunya, tapi sekarang guru banyak memprioritaskan anaknya, sayang ya :D

salam persohiblogan ^_^

minityc mengatakan...

iyah sayank bgt. skarang jadi banyak guru yang gak jujur, demi komersial.hehehe

salam persohiblogan jg.. =) dan makasih udah mau mampir.. =)

tinggalkan link, agar q mudah berkunjung.. =)

Nick Salsabiila mengatakan...

nice mb...saya suka mimpi2nya,,,
seorg guru adalah poros para pnacai ilmu..
toto chan..waaww..buku fav aku pas SD tuh mb..hehe...
coba tonton tare zamen paarr..dijamin.niat buat jdi guru makin gede mb...hehhee...
ayoo..kutunggu jejaknya di blog akuu,,,

http://monggopinarak-miracle.blogspot.com/2011/06/hujan-bulan-mei.html#ixzz1PdECR8bR

itu alamat postingan tbaruku mb...^^

minityc mengatakan...

wew.. tentu uda nonton donk alo yg itu.hehehe

okey ntar aku brkunjung..

mkasih ya atas kunjungan'na.. =D